WOY : Whats On YISC Road to Milad ke-45 : Sebuah Hari, Sebuah Cerita, Sebuah Perjalanan Panjang

Oleh : Ali Fikri (Al Ghazi)

16 Mei 1971 atau 12 Rabiul awal 1391 H adalah satu hari yang mengawali cerita dan perjalanan panjang sebuah organisasi pemuda masjid pertama di negeri tercinta yang kini kita kenal dengan nama YISC (Youth Islamic Study Club). Organisasi ini muncul sebagai jawaban atas berbagai persoalan yang menghinggapi generasi muda pada masa itu yang sedang mengalami perubahan seiring dengan pola kebijaksanaan di tingkat lokal, nasional dan global.

Para pendiri organisasi ini adalah generasi muda Islam yang sadar dan prihatin akan gejala merosotnya moral dan mental generasi muda yang cenderung semakin jauh dari Aqidah Islamiyah dan cita-cita perjuangan bangsa Indonesia, mereka merasa terpanggil untuk memperbaiki diri dan keadaan. Hal ini merupakan wujud dari rasa tanggung jawab sebagai penerus sekaligus pengawal Aqidah Islamiyah dan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia yang merupakan rahmat dari Allah SWT.

Kini generasi Muda pendiri YISC tersebut mungkin sudah tidak muda lagi, namun semangat mereka tetap bersemayam dalam diri setiap civitas YISC. Karena itulah demi menjaga semangat itu tetap ada, beberapa pemuda dan pemudi yang dimotori oleh Andhika Ramadhan (Angkatan Al Ghazi) bersinergi menjadi pantia acara Milad ke-45 YISC Al Azhar dengan tema ‘The Best Journey yang akan dilaksanakan pada hari Ahad, 22 Mei 2016 nanti.

“Harapan saya untuk Milad YISC Al Azhar ini adalah seluruh civitas dan alumni diharapkan dapat kembali semangat untuk support, berpartisipasi serta datang ke event-event YISC, semoga silaturahim antar civitas dan seluruh alumni tidak hanya berhenti sampai dengan acara Milad ini selesai, tidak terhenti meskipun masa pendidikan wajib di YISC sudah selesai, namun saya berharap tali ukhuwah ini akan selalu terjaga dan semoga Allah ridhoi pertemuan kita kembali sampai ke Jannah-Nya, aamiin.” begitulah harapan Istiqomah sekretaris dari panitia Milad ke-45 YISC.

Melangkah tanpa tujuan hanya akan membuat langkah kita terasa hampa. Sebaliknya melangkah dengan tujuan yang sama, bahkan bersama sama pula memperjuangkannya akan membuat langkah kita menjadi lebih ringan dan semakin mantap. Begitu pula dengan acara Milad ini, Andhika Ramadhan cs tentunya tidak melangkah tanpa tujuan.

Tujuan pertama adalah memperingati hari jadi YISC Al Azhar sebagai sarana untuk reuni dalam rangka mengingat perjalanan ukhuwah dan memperkuat kembali tali silaturahim antar civitas, antar lintas angkatan maupun antar alumni.

Tujuan selanjutnya adalah sosialisasi aktivitas YISC Al Azhar sebagai organisasi remaja masjid yang menghasilkan remaja muslim unggulan yang berprestasi dengan diadakannya serangkaian games yang pastinya seru, yaitu seperti cerdas cermat, Video dakwah serta Live photo tweet  dan ada pula Games dari Mikat YISC Al Azhar seperti Futsal, Badminton, serta Archery. Khusus untuk games Video dakwah dan Live photo tweet, civitas masih bisa mengikutinya hingga acara Milad ini berlangsung pada tanggal 22 Mei 2016.

Serangkaian games telah menelurkan juaranya per-tanggal 15 Mei 2016. Tournament badminton, tournament archery dan tournament futsal menghasilkan juara-juara yang mengesankan. Pun dengan lomba cerdas cermat. Berikut daftar juara pada tournament dan perlombaan dalam rangkaian kegiatan Milad ke-45 YISC Al Azhar :

 

Turnament Badminton

Tunggal Putra

Juara 1 : Yoppy Dwi Hakiki ( Al Fatih)

Juara 2 : Ustadz. Qodrat

Tunggal Putri 

Juara 1 : Maisa Safitri (Al Abraar)

Juara 2 : Dwi Cahya Yuliani (Al Abraar)

Ganda Putra 

Juara 1 : Choerul Muzammil (Rabbani) & Sigit Wahyu Hidayat (Rabbani)

Juara 2 : Zakky Safitri (Rabbani) & Andhica Wiratama (Rabbani)

 

Ganda Putri

Juara 1 : Maisa Safitri (Al Abraar) & Ina Rizki Nur’ani (Al Abraar)

Juara 2 : Anieng Zakiyah (Rabbani) & Septiani Pratiwi (Rabbani)

Turnament ARCHERY

Kategori 7M Ikhwan

Juara 1 : Aditia Nugroho

Juara 2 : Andri Okta

 

                                            Kategori 7M Akhwat                                                                                                                     

  Juara 1 : Yuanita Budiman (Al Abraar)

Juara 2 : Fitri Aprilia

Kategori 10M Ikhwan

Juara 1 : Nano Suryono

Juara 2 : Azwar Al Anhar

 

Kategori 10M Akhwat

Juara 1 : Linda Syawlina

Juara 2 : Yuliante

Tournament FUTSAL

Juara 1: Al Fatih

Runner up : Al Abraar

Lomba CERDAS CERMAT

Juara 1 :

Aliatun Nabawiyah (Rabbani)

Puji Arianti (Rabbani)

Karlina (Rabbani)

Juara 2 :

Aris Suyitno (Rabbani)

Jonari S (Rabbani)

Lukman (Rabbani)

Juara 3 :

Yunus  (Al Ghazi)

Supriyanto (Al Ghazi)

Abdul (Zakkiyah) (Al Ghazi)

Selamat kepada seluruh pemenang pada serangkaian perlombaan Milad ke-45 YISC Al Azhar. Jangan berhenti di sini untuk terus berprestasi. Lanjutkan pada perlombaan-perlombaan selanjutnya.

Kompetisi-kompetisi ini juga diharapkan dapat mempererat ukhuwah dan silaturahim antar angkatan YISC yang sangat sedikit sekali memiliki kesempatan berinteraksi. Pada acara puncak nanti akan ada penyerahan Sertifikat beserta hadiah untuk para juara dari masing-masing kompetisi. Kita akan melihat tim futsal mana yang paling tangguh, siapakah yang paling terampil dalam menangkis shuttlecock di lapangan badminton, siapakah yang paling tepat dalam memanah, tim cerdas cermat mana yang pengetahuan agamanya paling teruji. Nama-nama di atas adalah jawabannya.  Dan terakhir video serta foto manakah yang paling membekas di hati Civitas.

Khusus untuk juara Archery, sekedar informasi tambahan, hati hati ketika berpapasan dengan srikandi-srikandi di cabang archery, karena kabar angin yang berhembus “Tak perlu terkena panahnya untuk tak bisa berpaling dari mereka, cukup terkena hembusan angin dari busur mereka saja maka mata-mata para ikhwan akan menghadapi ujian.”

Tujuan yang terakhir adalah sebagai sarana sosial untuk saling berbagi antara civitas YISC dengan pihak-pihak yang membutuhkan seperti anak-anak yatim melalui kegiatan cook and share, serta berbagi dengan masyarakat lainnya melalui kegiatan donor darah.

Hal-hal yang telah disebutkan tadi hanya beberapa butir acara yang nanti akan diadakan di rangkaian acara Milad ke-45 YISC Al Azhar. Acaranya sendiri nanti akan sangat-sangat lebih menarik dari tulisan ini. Sayang banget deh kalo sampai engga datang, karena disana nanti bakal ada banyak hal tentang YISC yang mungkin selama ini kamu belum tahu, dan nanti juga kamu akan bertemu dengan banyak civitas YISC dari berbagai angkatan dan siapa tau juga kan nanti bisa bertemu dengan seseorang yang nantinya akan mewarnai hidupmu di dunia dan akhirat.

“Semoga acaranya berjalan dengan lancar dan tepat waktu di Hari H-nya.” begitulah harapan Fatimah sang komandan dari Rangkaian Acara Milad ke-45 YISC Al Azhar ini nantinya. Mari kita doakan agar harapan tersebut dikabulkan oleh Allah SWT.  dan semoga tidak ada hambatan berarti dalam penyelengaraan acara nnya, kalaupun ada, semoga Andhika cs dapat bersatu menemukan solusi untuk menghadapi itu semua.

Diusianya yang ke-45 tahun, semoga YISC Al Azhar terus menjadi organisasi yang melesatkan semangat generasi muda untuk tetap menjalankan islam di sendi-sendi kehidupannya. Membentuk insan-insan yang bertakwa dan meneladani Rasulullah Salallahu Alaihi Wasallam, karena 45 tahun bukanlah waktu yang singkat. Perjalanan masih panjang, masih banyak misi-misi Islam yang bisa, bahkan harus dilakukan. Melalui semangat berjamaah, InsyaAllah semua akan dilalui dengan ringan.

Barakallah fii umrik YISC Al Azhar.

Juara 1 & 2 Badminton Ganda Putra

 

Juara 1 & 2 Badminton Ganda Putri

 

Juara 1 & 2 Badminton Tunggal Putra

 

Juara 1 Cerdas Cermat Rabbani
Juara 1 Cerdas Cermat (Rabbani)

Juara 2 Cerdas Cermat Rabbani

Juara 1 Futsal
Juara 1 Futsal
Juara Archery
Juara Archery

Leave a Comment