Jl. Sisingamangaraja, RT.2/RW.1, Selong, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110

Hikmah : Jika Ini Ramadhan Terakhirku, Sudah Khusyukah Sujud Kita KepadaNya

oleh : Bagus Ibnu JA – Angkatan Al Fatih.

Berbahagialah kita yang telah dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh dengan rahmat ini, satu bulan dimana saatnya doa-doa diijabah, saatnya amalan amalan dilipatgandakan, dan saatnya pula tobat-tobat diterima. Sholat rawatib menjadi bunga-bunga penghias sholat fardu, sholat dhuha menjadi telaga di pagi hari, Sholat sunah tarawih menjadi ibadah tambahan yang hanya bisa dilakukan di dalam bulan Ramadhan yang dilakukan di awal malam, dan qiyamul lail di sepertiga malam terakhir menjadi ibadah tambahan lagi agar bertambah pahala kita di bulan Ramadhan ini.

Sujud Khusyu | yisc-alazhar.or.id

Lalu bagaimanakan jika ini Ramadhan terakhirku? Bagaimana jika ini sholat sholat terakhirku di bulan Ramadhan?

Apakah sholat-sholat kita diterima?
Hanya Allah lah yang bisa menilai, diterima tidakkah sholat kita, yang penting rukun rukun sholat sempurna terlaksana,
apakah sudah khusyuk-kah sujud kita kepadanya?

Sungguh beruntung orang-orang yang beriman. Yaitu orang-orang yang dalam shalatnya selalu khusyu’” (Al-Mu’minun:1-3).

Kita hanya bisa berusaha untuk menjadi khusyuk dalam sholat, dalam sujud kita, tinggalkan urusan dunia untuk sementara, lalu bertakbirlah menghadap kiblat. Ruku’-lah, sujudlah dengan tanpa memikirkan sejenak perkara dunia ini untuk mendapatkan khusyuknya. Yakinlah Allah tuhan pengatur segala urusan manusia yang akan membantu kita menyelesaikan dan menjaga segala urusan kita di dunia. Agar kita masuk dalam golongan orang-orang yang beruntung.

Jangan berfikir bagaimana cara khusyuk, jika kita belum bisa khusyuk dalam sholat, jika dalam sujud kita masih ada bayangan banyangan dunia yang mengganggu kekhusyuk-an kita, tapi cobalah untuk tidak memikirkan dunia, maka khusyuk itu akan datang dengan sendirinya. insyaaAllah.