Jl. Sisingamangaraja, RT.2/RW.1, Selong, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110

I-Con (Inspiration Corner) – Erfian : Al Qur’an is My Love

Oleh : Ika Tri Wahyuni – Angkatan Khaifa.

Erfian Asafat, Pria lulusan Bina Nusantara University mengembangkan ide dengan mengilustrasikan Al-Qur’an dalam bentuk Comic atau yang sering kita kenal dengan sebutan Qur’an Comic. Kemajuan teknologi dan komunikasi membuat kita mudah mengakses banyak hal termasuk Al Qur’an. Ini membuat Erfian menemukan ide cemerlang dibalik kesenangannya terhadap dunia ilustrasi. Beruntung Beye dari Divisi Penerbitan bisa berbincang dengan Erfian ini ditengah kesibukannya. Berikut petikan bincang-bincang kita dengan pria yang akrab dipanggil Erfian.

 

Beye (B) : Apa sih Qur’an Comic itu?

Erfian (E) : Qur’an Comic itu semacam tafsir singkat atau pelajaran singkat yang diambil dari Al-Qur’an dan Hadits yang dibuat dalam bentuk animasi sederhana.

 

B : Klo gitu, Apa sih tujuan buat Qur’an Comic?

E : Tujuan utama sih biar lebih paham Al-Qur’an, saya berharap dengan kemasan ilustrasi dan animasi gaya anak muda dapat menarik minat untuk mempelajari keindahan Al-Qur’an.

 

B : Dapat ide darimana Mas Erfian buat Qur’an Comic?

E : Hmm.. ide gak tau darimana sih 😀

Tapi awal mulanya sih gara-gara mendengar tafsir Al-Qur’an Nouman Ali Khan dari surah Al-Asr. Dari situ saya seperti melihat surah ini dengan pandangan yang berbeda.

Ternyata ayat ini keren banget. Saat itu saya mikir ini harus dishare ke teman-teman, tapi karena saya bisanya menggambar saya coba menyampaikannya dengan kemampuan yang saya bisa yaitu : Ilustrasi. Kemudian jadilah video ilustrasi Qur’an Comic ini.

 

B : Kapan mulai buat Qur’an Comic dan sudah berapa lama?

E : Kira-kira sejak 4 tahun yang lalu

 

B : Ngerjain Qur’an Comic ini jadi hobi tersendiri gak buat Mas Erfian?

E : Yes, ngerjain Qur’an Comic jadi kaya air segar disaat haus. Dapat lebih kenal Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita dan tentunya sambil melakukan apa yang saya suka yaitu Gambar J

 

B : Ada kendala gak saat mengerjakan Qur’an Comic?

E : Alhamdulillah, Sejauh ini belum ada kendala

 

B : Ada bantuan oranglain atau benar-benar mandiri buat Qur’an Comic?

E : Dulu iya, sekarang alhamdulillah kita baru saja bikin studio yang khusus buat dakwah ilustrasi Qur’an ini. Jadi yang gambar dan buat animasi jadi bertambah deh

 

B : Pesan apa yang ingin disampaikan pada generasi muda untuk bisa ikut berkontribusi dalam dakwah Islam?

E : Pesannya lakukan semua dengan kecintaan

Kalo melakukan segala sesuatu, lakukanlah dengan kecintaan akan Allah, Islam, Qur’an dan Sunnah. Semoga dengan kecintaan itu, Cinta-Nya akan mengalir dengan sendirinya.

Dakwah juga akan terjadi dengan sendirinya. Tapi untuk mendapatkan cinta itu kita harus belajar dan bersabar. Pesan ini untuk mengingatkan saya sendiri juga sih, hehehe

 

Masya Allah ternyata begitu luar biasa Erfian ini, berawal dari ketertarikan menjadi ladang dakwah dan syiar Islam. Dan memang keikhlasan berawal dari paksaan dan kesabaran yang tinggi.

Sesuai dengan petikan ucapan dari Pak Abu Sofian “Sesuatu yang baik datang dari orang yang percaya, yang lebih baik datang dari orang-orang yang bersabar dan yang terbaik datang pada orang-orang yang tidak pernah menyerah”. (Ketum YISC Al Azhar 2014-2015)