Profil

Pembinaan Adik Asuh YISC Al Azhar atau yang sering disebut PAYISC merupakan salah satu bidang yang dibentuk atas dasar TAQWA dan keinginan untuk berbagi kepada sesama muslim terutama bagi anak-anak yatim piatu dan dari kalangan kurang mampu di sekitar lingkungan Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru.

Payisc pertama dibentuk oleh Pengurus YISC Al Azhar pada Periode 1990-1991. Dengan Anggota Adik-adik asuh yang berada dalam Lingkungkan yang kurang kondusif bagi perkembangan hidup mereka, terutama mentalitas dan Pendidikan anak-anak serta kurangnya kepercayaan diri mereka ketika berinteraksi dengan lingkungan lainnya.

VISI
Membentuk Adik-adik Asuh yang terampil, soleh/solehah, cerdas, kreatif, dan mandiri.
Sekilas PAYISC
Kegiatan

    Pengajian rutin setiap  hari Selasa sampai dengan hari Jumat, Pkl. 17.30 – 20.00, berlokasi di Ruang Pendidikan Islam Al Azhar (PIA).  Kegiatan ini dipandu langsung oleh para pengajar tetap, relawan pengajar dan pendamping. Pengajian rutin menitikberatkan pada penanaman adab dan ilmu keislaman adik-adik. Materi yang diberikan seperti; membaca & menghafal Al-Qur’an, bersuci, sifat sholat Nabi, sampai dengan akhlak.

    [/vc_tta_section]

    Setiap Ramadhan, PAYISC Al Azhar mengadakan Pesantren PAYISC dengan tema yang berganti-ganti setiap tahunnya. Pesantren PAYISC diselenggarakan selama dua hari satu malam dengan berlokasi di komplek Masjid Agung Al Azhar dan bekerjasama dengan berbagai pihak. Acara yang biasa diadakan di dalam Pesantren PAYISC berupa games, mentoring, dan tausiyah.

    Pendidikan rutin setiap Ahad, Pkl. 13.00 – 15.00, berlokasi di Selasar Aula SMP Al Azhar.  Pengelompokan adik-adik berdasarkan kelas di sekolahnya untuk memudahkan penyampaian dari pengajar dan juga penyerapan materi bagi adik-adik. Para pengajar merupakan relawan yang berprofesi sebagai guru, pekerja social, atau pemerhati pendidikan.  Materi yang disampaikan dalam pendidikan rutin meliputi pengetahuan akademik, keterampilan dan seni, serta pengetahuan alam (sains).

    Sebagai wujud rasa cinta dan kepedulian kepada anak-anak, PAYISC rutin mengadakan sebuah kegiatan bermain dan berkompetisi. Kegiatan dua tahunan ini dinamakan “Pentas Kreasi Anak Sholeh” (PENSIL). PENSIL secara terbuka mengundang jaringan PAYISC Al Azhar untuk turut bermain dan berkompetisi. Kegiatan ini, diadakan untuk menghadirkan sarana edukasi yang mampu menggiring adik-adik untuk berani berkreatifitas di bawah naungan syariat Islam serta menciptakan mimpi-mimpi baru untuk membangun bangsa di masa mendatang, khususnya umat Islam di Indonesia.

    Dalam menjalankan amanah dan kegiatannya, PAYISC AL Azhar membuka dan mengumpulkan dana melalui Donasi Kakak Asuh dan Donasi Infaq. Kegiatan ini diadakan sebagai fasilitas bagi para donatur dan kakak asuh yang ingin menyalurkan bantuannya. Laporan keuangan dan informasi penerimaan donasi secara rutin dapat diakses melalui website YISC dan Instagram @payiscalazhar.

    Pembagian rapor dan beasiswa dilaksanakan setiap akhir semester. Rapor hanya bisa diambil oleh wali murid dan diserahkan oleh wali kelas yang memandu dalam kegiatan pengajian dan pendidikan. PAYISC Al Azhar menyediakan beasiswa bagi adik-adik yang memiliki prestasi akademik, adab yang ihsan, dan absensi yang baik. Beasiswa ini disalurkan dengan harapan dapat meringankan beban wali murid.

    Densus merupakan kegiatan kunjungan bagi pengurus dan relawan PAYISC ke rumah adik-adik. Setiap pengurus dan relawan diminta untuk melakukan wawancara dan melaporkan kembali kepada Divisi Beasiswa. Hal ini bertujuan untuk menilai dan merasakan kebutuhan dari keluarga secara langsung.

    [/vc_tta_tabs]
    [/vc_column_inner][/vc_row_inner]

    Melakukan dakwah dengan perbuatan yang dapat langsung dirasakan oleh orang yang membutuhkan sehingga diharapkan dapat menimbulkan kepekaan dan kepeduliaan sosial bagi umat muslim

    Lokasi

    Informasi